Tips Merawat Model Baju Batik Kerja

Selain memilih model baju batik kerja yang cocok dengan gaya dan selera anda, melakukan perawatan pada baju batik yang anda miliki merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya bisa saja baju batik anda cepat luntut atau rusak jika tidak dirawat dengan baik. Untuk itu disini kami akan membahas beberapa tips untuk anda. Agar anda bisa merawat baju batik anda dengan baik. Hindarilah mencuci baju batik anda menggunakan mesin cuci. Karena baju batik memiliki serat serat yang mudah rusak. Sehingga lebih baik jika anda mencuci baju batik menggunakan tangan. Serat kain yang terdapat pada baju batik cukup tips sehingga anda harus merawatnya dengan tepat agar baji batik tetap terlihat bagus. Hal tersebut dilakukan juga untuk menjaga warna dari baju batik tersebut. Mencuci dengan tangan tentu saja akan menurunkan resiko rusaknya warna dan serat kain batik. Bahan-bahan yang mudah luntur dari pakaian lain. Sebaiknya sebelum mencuci anda pisahkan terlebih dahulu pakaian lain dengan pakaian batik agar tidak terkena luntur. Hal ini dilakukan agar warna dari baju batik anda tetap terjaga dan tampak bagus meski sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Gunakanlah shampoo untuk mencuci baju batik anda. Karena shampoo merupakan bahan aditif yang sangat lembut untuk mencuci. Hal tersebut juga dapat diaplikasikan ke dalam batik. Zat aditif yang terkandung dalam shampoo tidak sekeras yang ada di dalam detergen. Sehingga hal tersebut diyakini mampu menjaga batik agar tetap indah dalam waktu yang relatif lama. Pada saat ingin dijemur, anda tidak perlu memeras baju batik. Cukup gantungkan saja baju batik menggunakan hanger, agar serat kain tetap terjaga. Dan jangan menjemurnya langsung di bawah sinar matahari. Jemurlah di tempat teduh atau diangin-anginkan hingga kering. Hal tersebut dilakukan guna menjaga model baju batik kerja yang anda miliki agar lebih awet.

Hindari menyetrika batik secara langsung. Jika batik tampak sangat kusut, semprotkan sedikit air di atas kain batik lalu letakan sehelai alas kain di atasnya, kemudian diseterika. Jika anda ingin menggunakan pewangi, sebaiknya jangan semprotkan langsung ke baju batik anda karena dapat merusak serat kain. Gunakanlah kertas koran sebagai alas sebelum anda menyemprotkan pewangi ke baju batik anda, agar serat kain baju batik tetap terjaga. Hal hal tersebut dilakukan guna merawat model baju batik kerja yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *